Manfaat Daun Bidara – Daun Yang Disebut Dalam Alquran

manfaat-daun-bidara

Manfaat daun bidara – Tumbuhan bidara berasal dari Asia tengah. Bidara atau widara di kenal dengan nama Latin Ziziphus Mauritiana. Tumbuhan bidara banyak tumbuh di daerah kering. Tanaman bidara termasuk tumbuhan perdu yang bisa mencapai tinggi hingga lima belas meter.

Tumbuhan bidara dapat di manfaatkan mulai dari daun, batang dan buahnya. Daun bidara banyak di gunakan untuk khasiat obat-obatan. Buah bidara banyak di konsumsi sebagai bahan makanan dan di jadikan obat herbal. Selanjutnya batang pohon bidara dapat menghasilkan zat pewarna yang dapat digunakan sebagai bahan baku lem dan bahan zat pewarna.

loading...

Tumbuhan bidara juga mempunyai kegunaan khusus bagi kaum Muslimin. Pasalnya tumbuhan bidara juga disebutkan di dalam Al-Qur’an. Bidara atau dalam bahasa arab di sebut Sidrah di sebutkan tiga kali dalam Al-Qur’an yaitu dalam Qs. Saba’: 16, Al-waqiah : 28, dan An-Najm :13-16.

Selain di sebutkan dalam Al-Qur’an, ternyata anjuran penggunaanya juga dijelaskan dalam Hadits Nabi Muhammad SAW.

Penasaran dengan manfaat daun bidara, yuk simak pembahasannya di bawah ini :

1. Manfaat daun bidara untuk kulit

Daun bidara ternyata sudah di gunakan khasiatnya sejak zaman China kuno. Daun bidara di gunakan untuk mempercantik wajah, daun bidara sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat dan mengatasi masalah penuaan kulit, seperti keriput dan lingkar hitam pada mata.

Suatu studi menunjukan ternyata daun bidara juga berkhasiat untuk mengobati kulit yang terkena iritasi atau kemerah-merahan. Ekstrak daun bidara dapat menurunkan iritasi kulit kemerahan hingga 17,51 di suatu percobaan.

Caranya, Anda dapat menggunakan masker dari daun bidara yang telah di haluskan. Gunakan secara rutin agar hasilnya optimal.

Baca Juga  : 8 Manfaat Daun Kelor, Nomor 8 Sebuah Keajaiban

2. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok terjadi akibat kondisi kulit kelala yang tidak sehat. Untuk mengembalikan kulit kepala yang sehat dapat menggunakan perawatan dengan daun bidara.

Daun bidara mengandung fitokimia yang berfungsi untuk menguatkan, menghitamkan dan memanjangkan rambut sekaligus dapat menyehatkan kulit kepala.

3. Manfaat daun bidara untuk imunitas

Khasiat daun bidara sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebagian besar penyakit berasal dari virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah virus dan bakteri berkembang biak di dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun bidara.

Daun bidara sangat baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Daun bidara mempunyai khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari virus dan bakteri yang dapat membahayakan bagi kesehatan.

4. Manfaat daun bidara bagi lambung

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu sangat baik untuk lambung terutama bagi penderita penyakit maag. Daun bidara dapat menurutkan asam lambung sehingga dapat mengobati saat maag.

Selain itu daun bidara juga dapat meredam berbagai penyakit lain yang ada di lambung dan juga dapat menyehatkan lambung.

5. Mencegah diabetes

Indonesia merupakan penderita diabetes paling banyak ketiga di dunia, sungguh prestasi yang tidak membanggakan. Untuk mencegahnya anda dapat menggunakan manfaat daun bidara yang berkhasiat dapat menurunkan kadar gula darah.

Caranya, anda dapat meminum rebusan daun bidara. Rebus beberapa lembar daun bidara dan minum secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Menyehatkan mulut

Sariawan, bibir pecah-pecah dan bau napas tidak sedap merupakan masalah yang di akibatkan mulut yang tidak sehat. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mencoba manfaat daun bidara untuk mengobatinya.

Daun bidara mengandung sifat anti mikroba yang terbukti dapat membasmi jamur dan bakteri yang ada di mulut sekaligus dapat menyehatkan mulut.

7. Mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Untuk mengatasinya anda dapat mencegah penyakit kanker ini dengan mengkonsumai daun bidara. Pasalnya daun bidara dapat mencegah dan mengatasi rumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh anda.

Anda dapat mencoba khasiat daun bidara dalam mencegah kanker. Daun bidara mengandung antioksidan yang tinggi yang bersifat menangkal radikal bebas. Jika di biarkan radikal bebas akan merusak sel-sel tubuh yang sehat.

8. Mengatasi masalah haid

Bagi anda yang mengalami masalah haid, seperti nyeri saat haid dan haid yang tidak lancar dapat mencoba mengatasinya dengan manfaat daun bidara. Daun bidara terbukti dapat menyeimbangkan kadar hormon sehingga dapat melancarkan haid dan mengatasi masalah haid.

Daun bidara bersifat anti mikroba yang sangat ampuh untuk membasmi kuman dan bakteri yang bersarang di areal kewanitaan sehingga dapat juga menyehatkan areal kewanitaan anda.

Dalam Islam, daun bidara juga di anjurkan pemakaiannya untuk mandi setelah selesai haid. Ternyata anjuran itu terbukti secara ilmiah bahwa maksud dari mandi menggunakan daun bidara setelah haid adalah dapat membersihkan tubuh dan areal kewanitaan dari ancaman virus dan kuman. Pasalnya, ketika wanita haid kuman dan bakteri dapat dengan mudah berkembang biak di areal kewanitaan anda.

Bagaimana sobat pasti ingin mencoba khasiat daun bidara, apalagi kaum muslim yang telah jelas di anjurkan penggunaannya oleh Rasulullah SAW. Selamat mencoba semoga bermanfaat. [Manfaatpedia]

Loading...

Manfaat Yang Lain Untuk Anda

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *