Jangan Pernah Sepelekan Manfaat Daun Seledri

manfaat-daun-seledri

Manfaat daun seledri – Tanaman Seledri atau dengan nama Latin Apii Graveolentis Radix adalah jenis daun sayuran yang biasa di gunakan sebagai bahan masakan. Daun Seledri mempunyai aroma yang khas dan sangat wangi.

Di Indonesia daun seledri juga di kenal sebagai daun sop, karena kebanyakan di gunakan untuk menyedapkan sup, baik sup daging, sup ayam maupun sup sayur. Dan tak afdal rasanya jika sup tanpa daun seledri atau daun sop.

loading...

Tanaman seledri adalah tanaman yang tingginya kurang dari 0,5 m. Tanaman seledri juga banyak di jadikan sebagai tanaman hias karena ukurannya yang kecil dan tidak banyak memakan tempat.

Selain di gunakan sebagai sayuran, seledri juga dapat digunakan sebagai bahan obat obatan. Selain itu umbi pada tanaman seledri juga memiliki khasiat.

Ingin tahu apa manfaat daun seledri bagi kesehatan, yuk simak pembahasan di bawah ini :

1. Mencegah Hipertensi

Manfaat daun seledri yang pertama yaitu mencegah hipertensi atau darah tinggi. “Marah” terkadang sering dikaitkan dengan hipertensi atau yang dikenal dengan darah tinggi. Untuk menghindari ini Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun seledri.

Daun selendri mengandung Phtalides yang terbukti sangat baik untuk menurunkan hipertensi hingga 14 %. Daun seledri juga mengandung komponen Apiin yang telah terbukti dapat menurunkan hipertensi.

Caranya Anda dapat mengkonsumsi langsung daun seledri yang di campur ke dalam makanan atau bisa di olah dalam bentuk jus.

Loading...

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun seledri yang kedua yaitu dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol yang tinggi berasal dari mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Seperti berlebih karbohidrat, berlebihan lemak dan suka mengkonsumsi makanan manis.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi anda dapat menggunakan cara yang cukup sederhana. Anda dapat mengkonsumsi daun seledri secara rutin dan kadar kolesterol Anda pun akan berangsur turun.

3. Mencegah kanker

Selain dapat menurunkan kolesterol daun seledri juga bermanfaat dapat mecegah penyakit kanker. SepertiĀ  kita ketahui bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang sangat di takuti oleh banyak orang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seledri terbukti bermanfaat melawan kanker yang terjadi pada ovarium.

Daun seledri mengandung senyawa yang bersifat anti kanker seperti senyawa Paliasetilen dan Pthalides. Senyawa ini secara aktif dapat mencegah dan melawan sel-sel kanker yang dapat tumbuh dan berkembang dalam tubuh manusia.

4. Mencegah Stroke

Penyakit stroke tak asing lagi bagi sebahagian orang. Mungkin salah satu keluarga Anda ada yang mengalaminya. Untuk itu Anda dapat mencoba manfaat daun seledri untuk mengobati penyakit yang disebabkan antara lain akibat pembuluh darah arteri yang menghantarkan darah dan oksigen ke otak menjadi sempit dan terhambat

Menurut suatu penelitian ternyata manfaat daun seledri dapat berkhasiat untuk menurunkan tingkat kerusakan yang terjadi pada saraf akibat penyakit stoke dan parkinson. Untuk itu Anda dapat mulai mengkonsumsi daun seledri ini untuk mencegah dari penyakit stroke.

5. Mengobati Insomnia

Penyakit susah tidur atau dikenal dengan Insomnia ini dapat menggangu kesehatan Anda. Jika tidur Anda kurang tidur maka tubuh Anda akan merasa kurang fit. Tubuh Anda akan lemas dan lesuh.

Untuk mengatasinya Anda dapat mencoba mengkonsumsi daun seledri. Karena daun seledri mengandung senyawa Alkali yang sangat baik untuk menurunkan level stres dan menenangkan sistem syaraf, sehingga akan mengobati penyakit imsomnia Anda.

6. Mengobati penyakit ginjal

Fungsi ginjal ada sebagai penyaring darah, apabila sistem penyaring darah ini tergangu maka akan sangat membahayakan bagi tubuh Anda. Nah jika Anda tak ingin mengalaminya Anda harus mencoba mengkonsumi daun seledri ini.

Daun seledri banyak mengandung sodium dan kalium sehingga bersifat deuretik, sehingga dapat mengatur keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah penyakit batu empedu dan menjaga kesehatan ginjal.

7. Manfaat daun seledri untuk pencernaan

Daun seledri juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Akar dari daun seledri mengandung Asparagin, Pentosan, Glutamin zat pati dan minyak Atsiri yang sangat baik untuk melancarkan pencernaaan.

Selain itu, daun seledri kaya akan serat dan air, serat alami dan fitokimia yang terkandung didalamnya dapat merangsang dinding lambung dan usus kecil, hal ini dapat mencegah terjadinya konstipasi dan membantu proses peristaltik. Proses ini dapat merangsang enzim untuk memecah nutrisi dan menyerapnya ke dalam aliran darah.

8. Untuk Diet

Nah ini dia yang tak kalah penting, ternyata daun seledri juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Jika Anda sedang menjalani program diet, sangat di sarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi daun seledri.

Faktanya daun seledri terbukti berkhasiat dapat menurunkan kelebihan berat badan. Daun seledri mempunyai kemampuan untuk melarutkan lemak sehingga bisa menurunkan berat badan Anda.

Anda dapat mengkonsumsi daun seledri secara langsung atau dapat pula mengolah daun seledri menjadi jus. Boleh juga di tambahkan sedikit pemanis untuk menambah rasa.

Luar biasa bukan manfaat daun seledri ini. Walaupun tumbahan ini kecil namun manfaatnya sungguh besar bagi kesehatan.

Loading...
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *