400-051 exam review 70-480 new questions CBAP exam sample questions 400-051 exam review

Manfaat Hutan - Anugerah Alam Yang Mesti Dilestarikan -

Manfaat Hutan – Anugerah Alam Yang Mesti Dilestarikan

manfaat-hutan

Manfaat Hutan – Jika kita bicara tentang hutan, pertama kali yang terlintas dalam fikiran kita adalah pohon. Padahal pengertian hutan bukan hanya sekedar banyak pohon. Hutan adalah sebuah kawan yang luas yang di tumbuhi oleh pepohan yang lebat dan tumbuhan serta tanaman lainnya yang tidak dapat di pisahkan. Hutan membentuk suatu kesatuan ekosistem besar, berupa hamparan lahan yang berisi sumber daya alam hayati.

Manfaat hutan bagi kehidulan manusia dan lingkungan tidak dapat di pisahkan dari luasnya hutan yang tersebar di muka bumi. Hutan menutupi sepertiga dari semua tanah di bumi. Hutan merupakan tempat penampung karbon dioksida, habitat hewan dan pelestarian tanah, yang merupakan aspek biosfer bumi yang paling penting.

loading...

Peranan hutan sangatlah penting bagi kehidulan manusia, oleh sebab itu sudah selayaknya kita menjaga hutan kita agar tetap lestari. Ironisnya hutan semakin lama semakin berkurang. Kurang sadarnya masyarat kita tentang fungai dan manfaat hutan bagi kehidupan manusia menjadi faktor utama terjadinya penggundulan hutan.

Disini penulis mencoba memaparkan mannfaat-manfaat hutan bagi kehidulan manusia, untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya keberadaan hutan. Berikut manfaat hutan yang harus Anda ketahui :

1. Penghasil oksigen

Manfaat hutan yang pertama dan yang paling penting bagi kelansungan makhluk hidup yaitu sebagai penghasil oksigen. Hutan membantu manusia dan seluruh mahkluk yang ada di bumi untuk bernafas.

Mahkluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernafas, hutan adalah sumber penghasil oksigen terbesar di bumi, saat kita bernafas kita menghirup oksigen dan hutan akan meyerap karbondioksida yang kita keluarkan.

Karbondioksida yang kita keluarkan ketika bernafas dan yang dihasilkan dari hasil pembakaran lainya seperti asap kendaraan dan asap pabrik, merupakan polusi yang membahayakan kelangsungan mahkluk hidup di muka bumi. Sebagai mesin penghisap raksasa hutan akan langsung menghisap seluruh karbondioksida dan membersihkan polusi yang ada di udara.

2. Sebagai tempat tinggal manusia dan makhluk hidup lainnya

Manfaat hutan yang kedua yang tak kalah penting yaitu sebagai rumah bagi banyak mahkluk hidup. Sebagian besar suku adat primitif tinggal di hutan. Mereka hidup dan mengantungkan mata pencaharian dari hasil hutan. Dapat Anda bayangkan tanpa hutan mereka tak kan dapat hidup dan bekembang.

Loading...

Selain itu hutan juga merupan tempat dari berbagai jenis keberagaman hayati. Hampir selurus spesies hewan yang hidup di muka bumi hidup di hutan. Mereka hidup dan berkembang bersama hutan, apa jadinya kalau hutan musnah maka mereka juga akan punah.

Baca Juga : Manfaat Buah Bit

3. Manfaat hutan sebagai pencegah banjir

Tumbuhan pohon yang ada di hutan yang jumlahnya miliyaran merupakan penahan air ketika hujan. Ini merupakan spons raksasa yang mampu menahan miliaran kubik air hujan. Ketika hujan lebat datang akar-akar pohon akan langsung menyimpan air di dalam tanah, sehingga membantu tanah menyerap laju air yang berpotensi terjadinya banjir.

Selain itu, hutan juga membatu mengurasi resiko terjadinya longsor. Akar-akar pohon berfungsi menahan air dan tanah untuk tetap stabil.

4. Manfaat hutan sebagi penahan angin

Peran hutan dalam menahan laju angin sangat menguntungkan bagi kelestarian mahkluk hidup. Hutan dapat menyangga laju angin yang kencang sehingga tidak menyebabkan bencana bagi kelangsungan hidup manusia.

Sebaliknya angin juga bermanfaat bagi hutan. Hutan membutuhkan angin untuk membantu proses penyerbukan tanaman. Sehingga benih-benih tanaman dapat tersebar luas dan dapat bermanfaat bagi semua mahkluk hidup. Ini merupakan hubungan timbal balik yang menguntungkan.

5. Manfaat hutan sebagai apotik hidup

Banyak obat-obatan tradisional yang di peroleh dari hasil hutan. Seperti daun daunan dan tumbuhan lainnya banyak di manfaatkan masyarakat sebagai obat herbal untuk berbagai jenis penyakit.

Selain itu industri farmasi juga memanfaatkan hasil hutan untuk pengolahan obat, seperti pemanfaatan hutan bakau yang menjadi penyedia bakteri Actinomycetes yang di perkirakan dapat mengatasi penyakit kanker.

6. Manfaat hutan sebagai pendingin suhu bumi

Pemanasan global yang terjadi di bumi sungguh sangat memprihatinkan, bahkan peneliti menyatakan akibat pemanasan global suhu di bumi semakin meningkat sehingga es di kutub utara dan selatan mulai mencair. Apa jadinya jika kutub utara dan selatan semua esnya mencair, sudah dapat di pastikan bahwa bumi mungkin akan tenggelam.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita hurus melestarikan hutan. Pasalnya hutan adalah mesin pendingin raksasa bagi suhu bumi. Hutan merupakan penghisap karbondioksida yang merupakan salah satu sumber penyebab pemanasan global, dan hutan akan menghasilkan oksigen yang sangat di butuhkan semua mahkluk untuk hidup dan menjadikan suhu di bumi menjadi sejuk.

7. Manfaat hutan sebagai objek wisata

Sekarang banyak hutan-hutan yang di jadikan objek wisata. Umumnya masyarakat perkotaan ingin menghirup udara segar yang ada di hutan, dan melihat banyak satwa dan hewan lainnya yang ada di dalam hutan.

Misalnya objek wisata hutan bakau. Hutan bakau yang di jadikan sebagai penahan abrasi bagi air laut ini banyak di jadikan objek wisata bahari. Selain untuk menambah devisa negara ternyata juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Itulah manfaat hutan untuk manusia dan mahkluk hidup lainnya yang ada di bumi. Sudah sepantasnya kita menjaga kelestariannya. Alangkah bodohnya kita jika tidak melestarikannya karena menebangi hutan sama dengan mengurangi nafas kita.mari jaga hutan kita. [Manfaatpedia]

Loading...

RelatedPost

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *