Manfaat Jahe Yang Ternyata Menakjubkan

manfaat-jahe

Manfaat jahe – Tanaman jahe yang di kenal dengan nama latin Zingiber Officinale adalah sejenis tanaman rimpang yang terkenal sebagai tanaman rempah-rembah dan tanaman obat.

Salah satu sumber mengatakan bahwa tanaman jahe berasal dari India. Dari India kemudian para pedagang membawanya hingga sampai ke Asia Tenggara termasuk salah satunya adalah Indonesia.

loading...

Di Indonesia sendiri pada zaman kolonial jahe menjadi komoditas yang populer, karena jahe dapat memberikan rasa hangat dan pedas pada masakan ketika mengkonsumsinya.

Beberapa jenis olahan jahe, seperti permen jahe, asinan jahe, sirup jahe dan bubuk jahe instan sangat laris dan banyak di sukai konsumen di pasaran. Jadi tak heran kita tanaman jahe banyak di budidayakan di Indonesia.

Ingin tahu apa saja manfaat jahe bagi kesehatan dan kecantikan?. Siapkan minuman jahe anda sambil kita simak pembahasan tentang khasiat jahe di bawah ini :

1. Mengobati masuk angin

Manfaat jahe yang pertama yaitu yang digadang-gadang dapat mengobati masuk angin. Di Indonesia minuman dari jahe sangat di gemari masyarat, khususnya di malam hari dan di daerah pegunungan. Minuman dari olahan jahe seperti bandrek dan wedang jahe mampu memberikan rasa hangat dan membuat tubuh menjadi rileks ketika mengkonsumsinya. Jadi tak heran minuman jahe menjadi minuman favorit bagi sebagian orang.

Jahe mengandung minyak atsiri yang tinggi. Minyak atsiri inilah yang berkhasiat untuk memberikan rasa hangat yang digadang-gadang bisa menekan dan mendorong angin keluar dari dalam tubuh.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut. Sakit perut bisa terjadi karena adanya bakteri pengganggu sisten percernaan yang membuat anda merasa tidak nyaman.

Loading...

Jahe mengandung minyak atsiri yang dalap menjaga sistem pencernaan anda dari bakteri, sehingga dapat mencegah anda dari masalah percernaan.

Jahe juga mengandung sifat antibakteri yang dapat melawan dan membunuh bakteri-bakteri jahat seperti bakteri Escherichia Colo, Salmonella Enteriditis, dan Staphylococcusaureus yang terdapat dalam sistem pencernaan.

3. Mengobati nyeri otot

Beberapa penelitian membuktikan salah satu manfaat jahe adalah berkhasiat untuk mengatasi gejala Osteoarthritis seperti nyeri otot. Peneliti membuktikan bahwa atlet sepak takraw yang mengalami cedera otot setelah di beri ekstrak jahe selama 10 hari hasilnya terbukti dapat mengurangi nyeri otot atlet tersebut.

Jahe mengandung komponen aktif seperti Gingerol,Gingerdione dan Gingeron yang menghambat enzim Siklooksigenase dan Lipoksigenase sehingga dapat menurunkan Leukotrien dan Prostaglandin sebagai pemicu peradangan.

Baca Juga : Manfaat Kunyit Yang Wajib Dicoba

4. Khasiat jahe mencegah kolesterol

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan resiko seseorang mengalami penyempitan pembuluh darah arteri dan pengerasan dinding pembuluh darah arteri. Kondisi ini seiring waktu dapat menyebabkan terkena penyakit jantung koroner. Seperti yang telah kita tahu bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia.

Peneliti melakukan riset pada tikus dan hasilnya menyatakan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tikus. Para peneliti juga menemukan bahwa pemberian makanan yang mengandung jahe dapat mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah. Namun penelitian lebih lanjut di butuhkan untuk mendalatkan hasil yan lebih akurat.

5.Meningkatkan kesuburan pria

Tenyata manfaat jahe juga merambah hingga pada tingkat kesuburan, khususnya pada pria. Pasalnya jahe mengandung antioksidan dan androgenik yang dapat berfungsi untuk meningkatkan jumlah hormon Testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Anda dapat mengkonsumsi olahan jahe atau yang paling mudah adalah anda dapat menyeduh jahe dengan teh.

6. Manfaat jahe untuk menurunkan berat badan

Selain dapat meningkatkan kesuburan bagi pria, jahe juga berkhasiat untuk menurunkan kelebihan berat badan yang banyak dikeluhkan oleh banyak orang, terutama kaum wanita yang selalu peduli dengan penampilnanya.

Pasalnya apabila anda mengkonsumsi wedang jahe atau air rebusan jahe sebelum makan, maka Anda akan merasa kenyang sehingga dapat membuat anda makan lebih sedikit. Ini terbukti efektif untuk mengurangi karbohidrat yang kita konsumsi setiap hari sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan kelebihan berat badan anda.

Bagaimana pembaca budiman, tertarik untuk mencoba manfaat jahe?. Silakan bagi pengalaman anda dikolom komentar. Semoga semakin sukses. [Manfaatpedia]

Loading...

RelatedPost

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *