400-051 exam review 70-480 new questions CBAP exam sample questions 400-051 exam review

9 Manfaat Ketumbar - Yang Nomor 6 Tidak Disangka -

9 Manfaat Ketumbar – Yang Nomor 6 Tidak Disangka

manfaat-ketumba

Manfaat ketumbar – Biji ketumbar (Coriandrum sativum) adalah rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai bahan masakan. Manfaat ketumbar sebagai bumbu masakan sudah tidak diragukan lagi, sudah sejak lama bumbu dapur yang satu ini digunakan untuk memperkaya rasa masakan.

Selain sebagai bahan masakan, ternyata ketumbar juga banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, penasaran apa saja manfaatnya! Yuk kita simak di penjelasan di bawah ini :

loading...

1. Manfaat Ketumbar Untuk Mengobati kolesterol

Manfaat ketumbar ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah, dengan menyeduh biji ketumbar yang di campur dengan teh ternyata bisa menormalkan kolesterol dalam darah.

Biji ketumbar mengandung nutrisi seperti asam oleat, asam lenoleat, asam palmitat, asam askorbat/vitamin C dan asam stearat yang sangat efektif untunk mengendalikan dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

2. Mengobati diabetes

Manfaat ketumbar selanjutnya yaitu dapat mengobati penyakit diabetes. Biji ketumbar kaya akan serat yang dapat berkerja secara efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Biji ketumbar juga memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin, kelenjar endokrin ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat insulin di pankreas sehingga dapat menurunkan dan menormalkan gula darah.

3. Mengobati penyakit tulang

Penyakit tulang atau sering disebut dengan osteoporosis ini menyerang tulang dan persendian, ternyata salah satu manfaat biji ketumbar adalah dapat mengobati penyakit tulang (osteoporosis).

Biji ketumbar mengandung antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati osteoporosis.

Loading...

Baca Juga : 10 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

4. Mengobati rematik

Bagi penderita rematik ternyata dapat mengobatinya dengan rendaman biji ketumbar ini, tidak perlu dengan obat yang mahal penderita rematik dapat mencoba manfaat biji ketumbar saja.

Biji ketumbar memiliki sifat analgesik dan mengandun asam linoleat yang berfungsi untu meringankan nyeri pada pensendian dan tulang.

5. Mengobati sembelit

Selain untuk mengobati rematik, manfaat ketumbar juga dapat mengobati sembelit atau susah buang air besar yang tentu sangat dihindari banyak orang.

Sifat analgesik yang terdapat pada bijj ketumbar dapat melancarkan buang air besar dan juga dapat meredam nyeri akibat sembelit.

6. Mengobati sakit gigi

Semua orang mungkin pernah merasakan sakit gigi, sakit gigi yang sungguh menyiksa ini ternyata dapat diobati dengan biji ketumbar. Ini hal yang tidak disangka banyak orang sebelumnya.

Biji ketumbar mengandung sifat analgesik dan memiliki sifat antibakteria sehingga sangat baik untuk membasmi parasit dan bakteri di mulut sehingga dapat mengobati sakit gigi.

7. Mengobati penyakit kulit

Sungguh tidak nyaman rasanya apabila di kulit kita tumbuh penyakit yang di akibatkan oleh jamur, panu, kadas dan kurap adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur, untuk mengobati pengakit kulit ini anda dapat mencobat dengan biji ketumbar.

Biji ketumbar mengandung antibakteri yang dapat mengobati infeksi akibat bateri dan jamur.

8. Mengobati batu dan pilek

Manfaat ketumbar juga dipercaya salah satunya adalah untuk mengobati batuk dan pilek.

Biji ketumbar mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dipercaya dapat mengobati batuk dan pilek.

9. Mengobati nyeri haid

Sebagian wanita mungkin mengalami nyeri haid setiap bulannya, kabar baik bagi lenderitanya ternyata manfaat ketumbar juga bisa meredamkan nyeri haid.

Sifat analgesik yang terdapat pada biji ketumbar telah terbukti dalap meredam rasa nyeri, tak terkecuali nyeri haid.

Bagaimana teman-teman pembaca sekalian, apakah ingin mencoba menfaat ketumbar di rumah? Selamat mencoba. [Manfaatpedia]

Loading...

RelatedPost

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *